Welcome to our website !

Chick Simple Elegant

Perjalanan dan Icip-icip Qu

Serabi Oncom Siliwangi

By 22:12

Beberapa waktu lalu ketika saya dan suami sedang jalan-jalan di sekitar Situ Buleud, Purwakarta, tiba-tiba saja kepingin jajan serabi. Pas lewat salah satu cafe yang menawarkan aneka serabi. Saya memilih serabi keju oncom, di sini tersedia serabi stowbary, keju, coklat keju dan masih banyak lagi. Setelah di coba, rasanya begitu menggoda hehehehe...

Serabi Keju Oncom



Serabi atau surabi adalah salah satu jenis jajanan tradisional yang ada di Indonesia, yang sampai saat ini masih banyak digemari. Menurut rasa, serabi terbagi dua, serabi manis dan serabi asin. Dalam perkembangannya, serabi sudah banyak berinovasi dengan beraneka ragam topping, seperti oncom, sosis, keju, strowbary, keju coklat, telur, mayones, ice cream, oreo, dan masih banyak lagi.

Di daerah Jawa Barat, serabi yang dibuat cenderung dengan rasa asin, seperti serabi oncom, serabi dengan ceplokan telur di atasnya. Dan saat ini telah memiliki berbagai macam varian toping.  Terbuat dari tepung beras, dengan campuran santan, kelapa, garam dan air secukupnya, ditambah kuah kinca yang terbuat dari campuran santan, gula merah dan garam.

Berbeda kalau kita melihat serabi yang berasal dari Solo. Serabi Solo dibuat dengan rasa manis dengan bentuk yang berbeda dengan serabi yang biasa ditemui di daerah Jawa Barat, dan saat ini pun sudah berkembang dengan toping yang variatif.


Serabi solo, terbuat dari campura tepung terigu, tepung beras, gula pasir, vanilla, vermipan, baking soda, dan daun pisang yang akan digunakan sebagai lapisan. 


Serabi Solo
Silahkan mencoba jajanan ini Nusantara ini.

You Might Also Like

0 comments